Senin, 13 Februari 2012

Anak Kecil Sekarang Itu...

Assalamualaikum...
Hai guys.. Apa kabar nih? Pasti baik-baik aja kan? Dan lebih semakin baik aja. Amin…

Aku barusan baca novel nih, judulnya itu Satu Cinta Sejuta Repot. Ya ceritanya seorang cewek yang bernama Ieva yang mencari seorang cowok yang merupakan takdir dari cewek itu dari 3 orang cowok yang hadir dalam hidupnya (Kai, Nick, dan Nuzy). Seru novelnya, bikin yang baca itu ngakak lho… (pengalamanku sih, aku ngakak, sampe diliatin sama temenku, dan ditanyain gini “lho meg, gapapa a?” Hhhh…)

Nah cewek itu punya seorang kakak cowok (Johnny) sama adik kembar yang cowok semua (Gom dan Gam). Kakaknya itu uda kuliah ya dan adiknya masih SD gitu deh, masi umur 6 tahun. Dari kedua adik kembarnya itu, Gom itu masih kekanak-kanakan tingkah lakunya, tapi kalau Gam itu uda sok dewasa gitu dan dia itu gampang penasaran. Oke, aku gak bakalan bahas terlalu jauh tentang cerita dari novel ini, tapi aku bakalan bahas tentang kelakuan adik kembarnya Ieva, yaitu Gom dan Gam yang merupakan uda jadi tingkah laku kebanyakan anak-anak Indonesia jaman sekarang.

Apa itu meg?

Gini, kelakuan Gom dan Gam itu uda kayak anak gede, uda kayak orang dewasa, kayak ngegosip, suka ngarang cerita, suka ikut campur masalah orang, bahkan sampai uda ngerti masalah cinta-cintaan! Bahkan mereka pun uda punya gebetan he! Bayangkan anak umur 6 tahun uda punya gebetan! Masih kecil aja uda gitu, gimana ntar gedenya coba? Gak habis pikir aku.

Bayangkan, aku aja umur segitu paling mikirnya, sekolah, ibadah, maen, belajar, makan, mandi, gak mikir yang hal kayak begituan. Pokoknya nyenengin diri sendiri deh. Maen sama temen, dari kejar-kejaran, bank-bankan, tekongan, dan masih banyak hal lainnya. Tapi kok sekarang anak umur 6 tahun itu uda mikir gebetan, pacar, nikah, dan hal lain sebagainya yang itu pantasnya untuk dipikirkan oleh orang dewasa? Hmmm…

Kalian pernah gak sih merasa kalau anak-anak di sekitar kalian jadi seperti kayak gitu? Coba perhatiin deh, bakalan banyak anak kecil yang bahas hal begituan. Contohnya, di tetanggaku aja, ada` banyak anak kecil ya yang maen pas itu sore hari atau hari Minggu gitu deh. Nah, ada 2 anak kecil, laki-laki sama perempuan gitu deh, masa ke mana-mana pegangan tangan coba? Ditunjukkan ke public pula, seakan-akan itu menyatakan bahwa mereka itu saling memiliki satu sama lainnya. Ckckck… Gak habis pikir aku.

Mungkin hal ini, terjadi karena kemajuan teknologi yang kita terima pada jaman ini. Sekarang kan teknologi uda canggih. Anak kecil pun sekarang itu uda mahir untuk internetan, mereka bisa ngegame online, trus bisa cari gambar gitu, dan lain sebagainya. Itu bisa jadi salah satu cara anak kecil jadi tau hal yang beginian.

Dulu kan kita mainnya keluar tuh, kayak maen tekongan, gobak sodor, dan lain sebagainya. Tapi sekarang kan, anak-anak kecil sukanya men PS, maen bonek sambil ngegosip, pokoknya yang indoor deh, bukan outdoor kayak kita dulu. Maen PS itu mereka bisa maen aneka ragam permainan, terus ada juga The Sims kan, game tentang bikin rumah, punya pasangan, dan kayak hal begituan deh (Gam suka maen ini). Nah, itu juga bisa mempengaruhi psikologis anak.

Selain itu, bisa juga pengaruh dari kakaknya. Jadi kakaknya pas bawa pacarnya ke rumah, terus bermesraan di depan adeknya, itu juga bisa mempengaruhi psikologis anak kecil. Karena anak kecil itu identik dengan meniru sesuatu dengan apa yang dilihatnya. Terus, kakaknya lagi telpon, sms, buka jejaring sosial terus diliat sama adeknya, itu pun juga bisa lho mempengaruhi dari psikologis anak. Hmmm…

Repot juga ya kalo gitu. Dengan serba canggih teknologi sekarang, hal itu gak bisa dicegah oleh kita. Tapi kita seharusnya itu bisa memfilter diri sendiri, apa yang bermanfaat bagi kita kita tiru, tapi kalo yang buruk dan merugikan kita sebaiknya ya kita tolak lah. Gak mungkin juga yang buruk juga kita lahap, yang ada ntar nyusahin diri sendiri bahkan bisa mencemarkan nama baik kita dan keluarga kita. Terus, tolong jangan diajarin adeknya itu untuk dewasa sebelum waktunya. Kasihan mereka, ntar mereka bisa jadi MKKBS (Masa Kecil Kurang Bahagia Sekali) cuma gara-garanya mereka jarang meluangkan waktu luang mereka untuk bermain bersam teman dan bersosialisasi. Kalau ada anak kecil atau adik kalian sendiri yang salah, tolong dibetulkan, agar mereka mengerti bahwa itu tuh salah. Terus kalau di depan anak kecil atau adik sendiri, jangan sekali-kali kalian mengucapkan hal-hal atau kata-kata yang jorok ya! Ingat anak kecil itu sukanya meniru dari kelakuan atau sikap dari orang lain, baik itu dari yang dilihatnya bahkan yang didengarkan! Aku minta tolong ya guys. Karena nasib Bangsa Indonesia ke depannya itu kan dipegang oleh kita, selain itu juga dipegang oleh anak cucu kita. Kalau sejak kecil tidak dibentuk kepribadiannya yang baik, gimana ntar jadinya kalau uda gede? Gimana juga nasib Bangasa kita ke depannya kalau sejak kecil kepribadian seseorang itu buruk sekali? Pasti hancur kan Bangsanya di kemudian hari? Ya kan?

Oke… Bantulah Bangsa ini untuk lebih maju daripada sebelumnya! Kalau Bangsa kita maju, sapa yang bakalan bangga? Kita juga kan? Jadi mulailah dari saat ini untuk membantu membentuk kepribadian Bangsa ini jadi cerdas, adil, bersahaja, baik, gak korupsian, bersih, tawakal, dan yang baik-baik deh pokoknya. Ok?? Karena hal tersebutlah, yang saat ini sebenarnya dibutuhkan oleh Bangsa ini. Karena itu bentuklah, diri kalian, adek-adek kita, anak-anak kita, cucu-cucu kita, bahkan cicit-cicit kita untuk menjadi orang yang memiliki kepribadian yang bagus. Karena kelak, merekan kan yang jadi pemimpin dari Bangsa kita yang tercinta ini. :)

Udah dulu ya guys…

See you next time… :)

Wassalam

Mega Resty

2 komentar:

  1. wehhhh,,,,,
    setuju ma posting ini, meg

    makanya kita sebagai kakak harus protect adek2 kita :D

    BalasHapus
  2. iyo.. bener banget.. anak kecil sekarang itu rawan banget

    BalasHapus