Minggu, 12 Januari 2014

Teknik Presentasi Yang Baik


Apakah kamu pernah presentasi sebelumnya? Apakah kamu belum pernah presentasi sama sekali dan ada sebuah kondisi di mana kamu harus presentasi di depan banyak orang? Atau mungkin, sudah pernah presentasi tetapi bingung caranya gimana agar presentasi yang kau berikan menarik? Nah, kamu semua harus nih baca yang satu ini! :)


Saat ini jaman semakin maju, teknologi pun semakin canggih. Semakin lama semakin kita dituntut untuk mempresentasikan sebuah atau mungkin beberapa hal di depan umum. Bahkan sekarang anak SMP atau mungkin SD pula juga dituntut untuk mempresentasikan pelajaran di depan teman-temannya. Kalau kita dihadapkan dengan kondisi di mana kita harus presentasi kan ya bingung, bagaimana caranya agar kita bisa diperhatikan oleh para audience? Bagaimana caranya agar para audience tidak merasa bosan? Bagaimana caranya agar presentasinya tidak garing? Bagaimana caranya kalau kita nanti melakukan kesalahan? Dan berbagai pertanyaan yang menghantui benak kita. Hayoo sekarang kita jujur dulu pada diri sendiri, pernahkah pertanyaan-pertanyaan tersebut terlintas di benak kita walaupun itu hanya satu saja?

Nah, terus apa yang kita lakukan agar kita dapat mengatasi kebingungan, ketakutan kita?

1.    Kuasai materi
Kita wajib nih hukumnya untuk menguasai materi yang akan kita sampaikan ke para audience. Kalau perlu, kita gali sampai ke dalam-dalamnya agar kita semakin mengerti tentang materi tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila nantinya akan ada audience yang bertanya tentang hal yang berhubungan dengan materi yang kamu sampaikan. Kan kita tidak bisa memprediksi pertanyaan-pertanyaan apakah yang akan keluar nantinya. Nah, mungkin saja pertanyaan tersebut merupakan perkembangan dari materi kita. Pasti kita gak mau kan kalau kita sampai tidak bisa menjawabnya kan? Kalaupun nantinya pertanyaan yang seperti itu tidak muncul, tidak ada ruginya ke kita juga kok, justru kita beruntun kita bisa mendapatkan wawasan yang lebih.

2.       Buat semua audience tertuju padamu
Nah, ini sering nih jadi momok bagi kebanyakan dari kita-kita, gimana caranya agar kita bisa menjadi pusat perhatian dari semua audience? Bikinlah sebuah presentasi yang menarik, yang belum ada sebelumnya. Entah kita mau memulai presentasi dengan tiba-tiba muncul dari para audience atau mungkin kita menggunakan sebuah metode yang belum pernah ada sebelumnya.

Mungkin membuat metode sebelumnya sedikit sulit untuk kita ya? Nah hal itu jangan khawatir. Kita bisa menggunakan cara lain nih, yaitu ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Yap, kita mengamati terlebih dahulu bagaimana cara orang-orang yang keren itu presentasi di depan dengan unik yang tentu saja yang dapat menjadi sebuah pusat perhatian dalam sebuah forum tersebut. Jangan lupa mencatatnya, agar kita ingat hal-hal apa saja yang dilakukan oleh presenter tersebut. Lalu kita tiru cara dari presenter tersebut tetapi dengan memodifikasinya sehingga berbeda dengan presenter tersebut. Nah, kalau bisa, kita beri sebuah hal yang unik dari cara presentasi kita yang bisa jadi ciri khas dari gaya presentasi kita.

3.    Latihan
Jangan lupa latihan sebelumnya! Agar kita bisa lebih luwes nantinya saat presentasi nanti. Kalau bisa sih berulang-ulang. Tapi kalau tidak bisa sih, ya paling tidak sudah pernah latihan sekali lah sehingga sudah tau seperti apa jalan cerita dari presentasinya.

4.   Jangan selalu melihat alat bantu presentasi!
Nah, kita selalu meremehkan hal yang satu ini nih. Kita sering banget kan kalau presentasi melihat ke alat bantu presentasi, entah itu power point, atau apa pun lah. Yak an? Hayo ngaku…
Nah, sebenarnya hal ini gak bakalan terjadi kok, kalau kita sudah menguasai materi dan latihan berulang-ulang. Kalau selalu melihat alat bantu presentasinya mah ya mending gak usah presentasi deh, mending suruh aja para audiencenya membaca keterangan-keterangan yang ada di alat bantu presentasi, kan ya beres to, justru kita gak bakalan capek to, bahkan lebih santai. Ya kan?

Tapi kita gak mau hal tersebut terjadi kan? Nah, oleh karena itu ayo diperdalam materinya dan jangan lupa latihan berulang-ulang! Saat presentasi, tetap boleh kok sekali-kali melihat ke alat bantu presentasi kan hal yang wajar kalau manusia itu lupa. Tapi jangan keterusan ya!

5.    Percaya diri
Nah, ini kunci dari semuanya, yaitu percaya diri. Kalau kita percaya diri, kita bakalan santai dalam melakukan presentasi. Kita bakalan lebih luwes dalam melakukan presentasi. Lalu, ketika terdapat sebuah pertanyaan, janganlah kita merasa kesulitan untuk menjawabnya. Apabila kita diberi sebuah pernyataan yang menurut kita salah, tetap pertahankan pendapat kita. Bisa jadi itu hanya sebuah tantangan untuk kita agar membuktikan apakah kita sesuai pendirian kita ataupun dapat dipatahkan pendapat kita. Selain itu, pertahanin pendirian kita bahwa kita yang paling tahu tentang materi presentasi yang kita sampaikan.

Oke. Sekian tips dariku nih. Silakan dicoba dipraktekan. InsyaAllah berguna banget dan bisa berpengaruh positif dalam teknik presentasi kita. Amin…

Mega Resty

10 komentar:

  1. Makasih meg, sangat membantu buat orang yang minder2 kayak aku hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama sama. coba dipraktekan ya gan :)

      Hapus
    2. insyaAllah berguna gan :)

      Hapus
  2. Nice post meeeeg :D...
    dateng blogku jga yaa http://mariberbagirelamemberi.blogspot.com/2014/01/kebahagiaan-itu-datang-ketika-kita.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasi bnyak ya fik :)
      oke deh... beres daaahhh :D

      Hapus
  3. hha hha

    Poin 6 ngobrol sama mas Bhayu..

    Jangan lupa yang surabaya menyala juga

    BalasHapus
  4. kalau bisa dibantu juga dengan link contoh-contoh baik. misal kayak nomor 2, membuat audience menarik perhatian. itu bisa dari powerpoint atau tools presentasi yang kalian gunakan. layaknya promosi Google Glass ini: http://www.youtube.com/watch?v=nVE8WbFODD0

    post blog yang baik adalah yang bisa memberi informasi tidak sekedar terlihat seperti opini sendiri. caranya ya ada sumber, ada gambar, ada video, atau ada bukti hasil penelitian dan semacamnya.

    topiknya keren ini, semoga jadi pemandu FTIf!

    *btw, pfffft, ada ATM, pffft... :P

    BalasHapus
  5. Tips sederhana tapi bermanfaat meg ;) sangat membantu buat kegiatan pembelajaran nih, makasih ya infonya ;)

    BalasHapus
  6. nice share,
    add some new presentation software, it would be better ..

    BalasHapus
  7. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://aikawafaith.blogspot.com/

    BalasHapus